Rabu, Januari 22, 2014

Workshop Kreatif With Mongabay Indonesia

Assalamualaikum, hai..
Niatan buat rajin bikin postingan di blog sepertinya sedikit terkendala. Tapi hari ini gue sempetin buat share pengalaman sekaligus ilmu yang mungkin bisa diambil. Sebelumnya, guru IPA di sekolah udah bilang kalo ada workshop dan nantinya dari sekolah akan ditunjuk tiga orang untuk mewakili. Kebetulan  temen sekelas sebut saja Ismi dia sebagai ketua ekstrakulikuler KIR & Mading di sekolah gue. Dan gue sebagai bendahara nya. Lalu tiga orang yang ditunjuk itu diambil dua dari kelas sebelas dan satu dari kelas sepuluh. Jadi Isma, gue (kebetulan kemana-mana sering bareng juga) dan adik kelas gue sebut saja Hana yang akan berangkat buat mewakili sekolah.
Sampailah pada hari workshopnya, disini gue juga bukan berarti norak atau gimana. Sekali lagi disni gue
bakal share apa yang gue dapet dari workshopnya tadi.

Sebenernya jam pulang sekolah pun masih agak lama, jadi kami dibuatkan surat tugas. Gue berangkat sekitar jam 13.00 WIB sama Ismi boncengan naik motor, dan Hana dianter sama ayahnya. Workshop ini diadakan di DIKPORA (Dinas Pendidikan dan Olahraga) Solo. Ada bocoran dikit, walaupun Ismi dan gue orang asli Solo ternyata buat ke Dikpora gue lupa jalannya mbakmas -__- Padahal dulu gue pernah kesana sama guru IPA pas nganterin makalah lomba KIR. Akward moment lah yaw -__-

Tapi gue ga cukup panik, anggep dipantai aja deh jadi santaiiii (padahal Solo gaada pantai) Haha :D Gue pun menghubungi Hana buat nanya, dan akhirnya setelah muter jalan sampai juga di tujuan dengan utuh tanpa sayap #guebukanbidadari

Oke mungkin terlalu belibet omongannya. Langsung saja ya. Workshop kreatif ini yaitu Exploring EnviroCulture in Java atau bisa dibilang Workshop Desain Kreatif Mongabay Indonesia dari Mongabay Indonesia bekerja sama juga dengan Earth Hour Solo. Dan Solo menjadi kota ke 4 setelah sebelumnya kota Bandung, Semarang, Yogyakarta, setelah di kota Solo akan berada di Surabaya dan terakhir di Malang. 
Betewe kalian pada ngerti ga Mongabay itu apa? Ga ngerti? Sama! Tadinya gue juga ga ngerti, tapi hari ini gue udah ngerti. Mongabay Indonesia adalah situs berita lingkungan Indonesia, cabang dari Mongabay.com yang didirikan oleh Rhett Butler pada 19 Mei 2012 di Jakarta.

Pendiri Mongabay.com, Rhett Butler memberikan penjelasan seputar Mongabay Indonesia. Foto: Aji Wihardandi 
sumber : http://www.mongabay.co.id/

Rhett Butler, pendiri Mongabay.com. Foto: Aji Wihardandi
sumber : http://www.mongabay.co.id/

Kenapa diberi nama Mongabay? Nama itu diambil dari nama salah satu pulau di Madagaskar yaitu pulau mongabay, dan menjadi tempat favoritnya Rhett. Itu kalian kalo masih bingung dan mau lebih tau jelasnya tinggal klik aja yang warna biru tadi, udah gue kasih link nya kok.

Acara pertama biasa lah di buka dengan sambutan, selanjutnya itu tentang mengenalkan lingkungan. Dan intinya tentang desain kretaif tadi sekaligus juga diadakan lomba buat poster bertema Exploring EnviroCulture in Java & Mongabay Indonesia. Tapi lomba ini hanya bisa di ikuti buat yang ikut #workshopkreatif aja yang ga ikut ya berarti ga dibolehin. Selain materi sejarah Mongabay, disitu juga diajari beberapa tips tentang bagaimana membuat desain kreatif terutama poster.

Dan yang bisa gue kutip dari sana terutama dari kak Galih Aristo tentang How to be a creative? Jadi gimana sih biar jadi kreatif itu? Jawabannya : Melihat, Mengamati, Merasakan, Berbagi, Berimaginasi.
Selain itu juga ada 7 elemen penting dalam membuat poster. Apa aja?
Jawabannya :
1. Stop ! Think ! Observe ! Proceed !
     Artinya disini kita harus bisa menghentikan seseorang untuk melihat poster kita, dan poster itu bisa dimengerti.
2.  Simple
3.  Typography
4.  Informative
5.  Warna
6.  Komposisi
7. Break all the rules !

Setelah dikasih materi itu, kita dikumpulkan sebanyak delapan kelompok buat disatukan. Karena disini terdiri banyak anak dari beberapa SMA, MA, SMK di Solo. Setelah itu kita disuruh berunding buat poster sekaligus buat corat-coret sketsa mengenai budaya di Solo dan dampak lingkungannya. Ismi dapet kelompok 1, gue kelompok 2 dan Hana kelompok 3. Akhirnya kami terpisah, tapi gapapa ini ajang buat nambah temen. Setelah berkumpul sesuai kelompok, gue udah dapet kenalan dari kelompok gue itu. Dan disitu ada yang namanya Nindy anak SMA dia orangnya gampang banget bergaul, ga pemalu, hyperactive juga. Sedangkan gue orangnya kurang pede. Dia yang bicara ini itu, dia yang ngebuat semua ketawa dan juga idenya dari dia yang bikin sketsa pun juga dia. Edan kan! Hahaha :v
Hasil rundingan kami, yaitu tentang perubahan Solo masa dulu dengan masa kini. Dimana dulu banyak sawah, sedangkan sekarang banyak gedung tinggi dan sketsanya ada gambar pohon kering polusi udara ditambah disitu ada gedung pencakar dan ada wayang Werkudara nabrak di salah satu gedung. Lumayan lah..

Tapi setelah waktu rundingan selesai, per kelompok pun maju. Ternyata banyak banget seusia gue yang emang berbakat, punya ide kreatif banget. Dan gue paling suka sekaligus dari tim Mongabay Indoneisa pun juga suka yaitu kelompok 6 dari slogannya aja keren. "Car Free Day Or Trash Free Day?" Nyindir ya, tapi emang bener kenyataanya setiap hari Minggu di Solo sepanjang jalan protokol dari pagi sampe sekitar jam 9 jalan ditutup untuk masyarakat, kendaraan bermotor gaboleh lewat cuman sepeda aja. Kesannya emang buat menurunkan polusi udara sejenak, tapi faktanya justru setelah car free day banyak sekali sampah-sampah sisa masyarakat yang buang sembarangan. Nah kan? Think again lah..
Overall, gue bangga banget dipilih jadi wakil buat ngikutin #workshopkreatif ini. Banyak ilmu yang gue peroleh, mengenai lingkungan terlebih juga beberapa tips tentang bagaimana membuat desain yang bisa diterima. Apalagi jurusan gue juga mengarah ke desain, jadi gue gabakal nyesel ngikutin ini. Nambah temen juga, yang sebelumnya ga kenal cuma tau status dimana sekolahnya. Sekarang udah kenal sebagian. So guru terbaik adalah pengalaman. Setiap pengalaman ada pesan, kesan yang akan tersimpan..

Oh ya ini foto peserta #workshopkreatif di Solo tadi..

sumber : @MongabayID


Itu silakan cari gue yang mana. Kalo ada yang bisa nemuin, hebat dah! Hahaha :D Udah ya tadi nyampe rumah jam setengah 7, capek :( hehe tapi mohon doanya gue sama Ismi rencanannya mau ikutan lomba poster tadi. Semoga BB > berhasil & berkah. Wassalamualaikum..

2 komentar:

  1. ini orang asing kedua yang gue tau kontribusinya buat masyarakat dan lingkungan indonesia, setelah @hidungmerah, sebuah yayasan buat anak kurang mampu diajarin main sirkus. :))

    BalasHapus